CERDASKAN KADER POSYANDU, MAHASISWA KKN TIM I UNDIP 2020 ADAKAN PELATIHAN PENGUKURAN ANTROPOMETRI DAN SISTEM 5 MEJA POSYANDU

Foto Bersama Tim KKN bersama Kader Posyandu

Posyandu adalah kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat berupa pemberdayaan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan oleh kader posyandu untuk memantau status gizi balita dengan kegiatan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar kepala dan lingkar lengan secara rutin setiap bulannya. Tujuan dari pengukuran antropometri adalah untuk mengetahui kondisi pertumbuhan dan gizi anak.

Pengukuran Antropometri

Pengukuran antropometri (berat badan, tinggi badan dan lingkar lengan) sebenarnya sangat mudah dilakukan namun perlu diperhatikan kualitas alat yang digunakan dan ketelitian kader dalam melakukan pengukuran. Hal ini yang menjadi dasar pelaksanaan salah satu program KKN Tim I Undip 2020 Desa Simpur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam melakukan Pengukuran Antropometri dan Melaksanakan Sistem 5 Meja Posyandu. Kegiatan pelatihan pengukuran antropometri dan system 5 meja posyandu dimulai dengan pemaparan materi mengenai sistem 5 meja posyandu dan dilanjutkan dengan mendemonstrasikan pengukuran antropometri.

Pelatihan ini dilaksanakan di balai desa Simpur dan dihadiri sebanyak 12 kader yang mengikuti kegiatan dengan antusias. Sesuai hasil pre-post test, dapat dilihat adanya kenaikan tingkat pengetahuan kader mengenai sIstem 5 meja posyandu dan pengukuran antropometri.

Diskusi Bersama Kader Posyandu

Diharapkan  dengan adanya pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan kader dalam melaksanakan perannya di posyandu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*